Friday, December 5, 2014

Tugas 3

Kalimat deduktif

Pemuda tarangtaruna warga desa suka sari memutuskan melaksanakan pembersihan lingkungan masyarakat dengan tertib. Sebelumnya, banyak anak anak yang main di luar rumah membuang sampah , dan hanya duduk duduk tidak memperhatikan lingkungan. Para pemuda tarangtaruna mulai memberi pengertian kepada orang tua mereka penting membuabg sampah pada rempatnya bagi anak anak mereka. Apabila warga menemukan anak-anak mereka sedang membuang sampah sembarangan. Mereka akan diperingati dan di ajak untuk melakukan gotong royong memberishkan lingkubgan desa.

Kalimat induktif

Banyak anak jalanan yang tidak tahu bagaimana awalnya, seperti mengelompokkan diri hanya dengan duduk-duduk di sebuah trotoar tertentu. Selanjutnya, tampillah trotoar tersebut sebagai area anak jalanan. Bahkan, banyak orang tua yang bisa di katakan lanjut usia ikut bergabung di trotoar tersebut untuk mencari sesuap nasi. Dari suasana tersebut ternyata banyak trotoar yang akhirnya menjadi terkenal karena banyak nya anak jalanan yang terlantar.

kalimat deduktif - Induktif

Pemerintah mulai menyadari bahwa rakyat Indonesia memerlukan bahan baku yang murah dan sehat. Pihak dari Departemen yang mengawasi tentang pertumbuhan bahan baku sudahlama menyelidiki bahan baku yang murah dan berkualitas. Tampaknya Sayuran,aluk,dan buah"an yang diperoleh dari pertani dalam negeri sangat menarik perhatian. Bahan ini jauh lebih murah di bandingkan mengimport dari luar. Usaha ini menunjukkan bahwa pemerintah berusaha memberikan kualitas bahan baku murah dan sehat untuk memenuhi kebutuhan rakyat."

No comments:

Post a Comment